Berita

Kementerian PUPR RI Raih 2 Penghargaan Tertinggi Bhumandala Award 2020

Sabtu, 28 November 2020 - 23:30
Kementerian PUPR RI Raih 2 Penghargaan Tertinggi Bhumandala Award 2020 Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR RI Anita Firmanti mewakili Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat member sambutan dalam penerimaan dua penghargaan tertinggi Bhumandala Award 2020. (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES GOWA, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI) menerima dua penghargaan tertinggi dalam Bhumandala Award 2020 yang diselenggarakan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (27/11/2020).

Penghargaan diserahkan oleh Plt Kepala BIG Muhtadi Ganda Sutrisna dan diterima oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR RI Anita Firmanti mewakili Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono. 

Penghargaan-PUPR-2.jpg

Kedua penghargaan yang diterima Kementerian PUPR RI adalah Bhumandala Kanaka Kategori Simpul Jaringan Terbaik dan Bhumandala Kencana Kategori Pemanfaatan Simpul Jaringan Terbaik. 

Usai menerima penghargaan, Sekjen Anita menyampaikan terima kasih, serta merasa bangga dan terhormat dapat mewakili Keluarga Kementerian PUPR RI menerima kedua penghargaan tersebut. Menurut Anita, pemanfaatan pengembangan informasi geospasial merupakan bagian dari basis perencanaan Kementerian PUPR RI dalam membangun infrastruktur di Indonesia. 

"Kementerian PUPR sudah sejak lama menerapkan one map policy, dimana Bapak Menteri Basuki sangat konsisten dalam memegang teguh penerapan kebijakan tersebut, sehingga kami sangat dilarang untuk keluar dari penerapan kebijakan satu peta tersebut," kata Anita dalam sambutannya. 

Penghargaan-PUPR-3.jpgDua penghargaan tertinggi Bhumandala Award 2020 yang diterima Kementerian PUPR RI yakni Bhumandala Kanaka Kategori Simpul Jaringan Terbaik dan Bhumandala Kencana Kategori Pemanfaatan Simpul Jaringan Terbaik. (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

Kementerian PUPR RI merupakan salah satu kementerian yang telah aktif mengembangkan Simpul Jaringan sejak lebih dari satu dasawarsa. Untuk mendukung terbentuknya Simpul Jaringan yang kuat, Kementerian PUPR RI telah mempunyai roadmap yang jelas dan didukung dengan sistem manajemen yang baik. 

"Insya Allah ke depan dengan penghargaan ini dapat menjadi pemicu Kementerian PUPR untuk terus bekerja lebih baik lagi dalam menyediakan layanan data dan informasi geospasial infrastruktur berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi masyarakat Indonesia, untuk mewujudkan tujuan Indonesia Maju," tutur Anita Firmanti. 

Penghargaan Bhumandala tahun 2020 merupakan ketiga kalinya diraih oleh Kementerian PUPR RI dalam mengembangkan Simpul Jaringan dan meningkatkan Pemanfaatan Informasi Geospasial yang inovatif, terutama dalam mendukung pelaksanaan kebijakan satu peta dan pembangunan yang berkelanjutan. Sebelumnya Kementerian PUPR RI meraih penghargaan pada 2016 dan 2018. 

Penghargaan-PUPR-4.jpg

Bhumandala Award 2020 dilaksanakan dalam rangkaian peringatan Hari Informasi Geospasial yang bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-51 Badan Informasi Geospasial. Penghargaan ini dilaksanakan dua tahun sekali sejak 2014 sebagai apresiasi BIG sebagai penghubung simpul jaringan kepada Kementerian/Lembaga, TNI, Polri, maupun Pemerintah Daerah yang berhasil mengembangkan simpul jaringan secara optimal melalui pelaksanaan lima elemen Infrastruktur Informasi Geospasial dalam tata kelola pemerintahannya, yaitu kebijakan, kelembagaan, teknologi, standar dan Sumber Daya Manusia (SDM). 

Turut mendampingi Sekjen Kementerian PUPR RI Anita Firmanti saat menerima dua penghargaan tertinggi Bhumandala Award 2020 itu, Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian PUPR Nazib Faizal. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Gowa just now

Welcome to TIMES Gowa

TIMES Gowa is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.