Gaya Hidup

Cara Melepas Kecanduan Anak Main Gadget

Senin, 17 Mei 2021 - 18:34
Cara Melepas Kecanduan Anak Main Gadget Ilustrasi - Anak Kecanduan Main Gadget. (FOTO: Getty)

TIMES GOWA, MALANG – Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa gadget telah menjadi kebutuhan sehari-hari kita. Bahkan anak-anak di bawah umur pun banyak yang kecanduan bermain gadget.

Lantas, bagaimana cara mengatasi dan melepas kecanduan anak terhadap penggunaan gadget?

Pertama, jadilah contoh yang baik bagi anak. Peran orang tua atau keluarga dalam mencegah kecanduan anak bermain gadget sangat penting.

Anak bisa mengenal hp karena faktor lingkungan keluarga yang tidak bisa lepas dari penggunaan hp itu sendiri. Nah, kebiasaan ini akan ditiru oleh si kecil. Jadi, bagi ayah dan bunda, harap hati-hati jika memberi kesempatan anak main hp. Jangan lepas kontrol.

Kedua, berikan pembatasan anak saat bermain hp. Hal ini penting karena dalam beberapa kasus, anak diberi main hp karena orang tua ingin anak tidak menangis.

Kebiasaan umum ketika permintaan anak tidak dituruti, mereka akan menangis. Untuk menenangkan anak, orang tua kerapkali memberikan kebebasan pada anak untuk mengotak-atik hpnya.

Boleh sih, tapi harus tetap dalam pantauan atau pengawasan orang tua. Hal lain yang tak kalah pentingnya yakni berikan batasan durasi main hp.

Dari sini, ketegasan dan kebijakan orang tua sangat diperlukan. Sebagai orang tua, game di hp atau YouTube harus diatur dengan mode anak agar tidak menjurus kepada tontonan atau permainan dewasa.

Ketiga, beri edukasi yang cukup. Sampaikan kepada mereka bahwa gadget bukan mainan anak. Kenalkan kepada mereka tentang dunia permainan anak-anak.

Sampaikan juga bahwa hp tidak untuk dipegang apalagi dimainkan dengan tanpa pantauan orang tua. Cara penyampaian pun harus dengan trik. Bila perlu, beri dia reward ketika berhasil menahan untuk tidak bermain gadget. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Gowa just now

Welcome to TIMES Gowa

TIMES Gowa is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.